Telkomsel luncurkan SMS penerjemahan

06May10

Kamis, 06/05/2010 23:10:56 WIB

oleh : Roni Yunianto

JAKARTA (Bisnis.com): Operator seluler Telkomsel menangani rata-rata 5.000 SMS translator per jam menyusul peluncuran perdana layanan nilai tambah SMS penerjemahan pertama di Indonesia.

Jajang Munajat, General Manager Value Added Service & Device Customization PT Telkomsel mengatakan layanan itu merupakan kerja sama Telkomsel dengan Google yang didukung sistem integrator. “Kami mengembangkan layanan yang hanya dapat digunakan pelanggan Telkomsel ini dengan penerjemahan bahasa Indonesia ke bahasa asing maupun sebaliknya dengan pilihan bahasa yang paling umum,” ujarnya hari ini.

Dia mengatakan pengembangan layanan itu bertepatan dengan momentum Bulan Buku Nasional,sebagai inovasi yang akan mempermudah pelanggan dalam menerjemahkan suatu bahasa. Artinya kini pelanggan tidak perlu repot membuka kamus terjemahan bahasa tetapi cukup dengan mengirimkan SMS maka suatu kata sudah dapat langsung diterjemahkan ke bahasa yang dikehendaki. “Bahkan fungsi SMS translator lebih dari sekedar kamus digital, karena mampu menerjemahkan serangkaian kalimat,” jelasnya.

Layanan penerjemahan bahasa melalui SMS itu menggunakan software yang disediakan oleh Google Translate. Pelanggan dapat mengirimkan SMS ke 4664 berisi kata atau kalimat dalam suatu bahasa, lalu sistem akan secara otomatis mendeteksi bahasa yang dikirim lalu menerjemahkan kata atau kalimat tersebut ke bahasa lain sesuai dengan permintaan pelanggan. Hasil terjemahan akan dikirim dalam bentuk SMS.

Menurut Jajang, pihaknya mengemas layanan itu dengan tarif terjangkau yaitu hanya dikenakan Rp100 untuk setiap SMS terjemahan yang dikirim atau diterima dengan jumlah pengiriman SMS sesuai kapasitas karakter SMS masing-masing ponsel.

Dalam inovasi itu, jika pelanggan mengirim kata atau kalimat dalam bahasa Indonesia maka secara otomatis akan diterjemahkan ke bahasa Inggris. Begitu pula sebaliknya, bila pelanggan mengirim dalam bahasa asing yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Spanyol, dan Portugis maka akan diterjemahkan secara otomatis ke bahasa Indonesia.

SMS Translator yang menggunakan nomor browser 4662 itu diklaim memperkaya ragam layanan SMS  Telkomsel lainnya. Tahun lalu, misalnya, Telkomsel meluncurkan SMS PRO, yakni layanan SMS yang memberikan kemudahan dalam mengatur komunikasi SMS pelanggan.

SMS PRO terdiri dari SMS Auto Reply (bisa menjawab pesan secara otomatis layaknya email), SMS Divert (mengalihkan SMS yang masuk ke nomor lain), SMS Copy (mengalihkan SMS ke nomor lain dan mendapat copy-nya), SMS Blacklist (memblok SMS dari nomor yang tidak diinginkan), dan SMS Whitelist (hanya menerima SMS dari 10 nomor yang diinginkan). Kini lebih dari 200.000 pelanggan telah menikmati layanan SMS PRO. (mrp)

sumber : web.bisnis.com



No Responses Yet to “Telkomsel luncurkan SMS penerjemahan”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: