Telkomsel Bantu Korban Banjir Trenggalek

08May10

08 Mei 2010, 16:18:13| Laporan Noer Soetantini

Dirikan Posko Peduli

suarasurabaya.net| Banjir akibat hujan deras selama 2 hari berturut-turut sejak Rabu (05/05) lalu dan meluluh lantakan 19 desa di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, mendorong Telkomsel segera turunkan bantuan.

Bentuk bantuan itu, berupa Posko Telkomsel Peduli yang menempati teras rumah penduduk Dusun Gembleb Kecamatan Pogalan. Posko Telkomsel Peduli ini didirikan sejak Kamis (06/05) lalu.

Menurut SRI A YUSMENIWATI Manager Coomunications & Relationship Area Jawa Bali Telkomsel saat dihubungi suarasurabaya.net, Sabtu (08/05), Posko Telkomsel Peduli ini untuk membantu para korban banjir terutama di Desa Gembleb satu diantara desa yang terparah kondisinya dari 19 desa.

“Di Posko ini orang-orang yang ingin tahu kabar saudaranya di desa tersebut bisa menggunakan fasilitas telepon yang disediakan oleh Telkomsel di nomor 085303580060 dan 085303580061,”ujarnya.

Selain menyediakan sarana telekomunikasi gratis, Telkomsel, kata YUSMENIWATI, juga menyediakan sembako gratis, nasi bungkus dan peralatan sekolah. “Ini bagi program CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel dalam setiap musibah maupun bencana alam seperti di Dusun Gembleb,”papar YUSMENIWATI yang meninjau langsung wilayah yang terkena banjir dan tanah longsor.

Untuk infrastruktur telekomunikasi di Trenggalek pasca banjir dan tanah longsor, tambah YUSMENIWATI, tidak ada kerusakan. Karena seluruh infrastruktur sudah diantisipasi secara khusus saat menghadapi terjadinya banjir maupun bencana alam lainnya.

Seperti diketahui, imbas hujan deras dua hari di 19 desa di Kabupaten Trenggalek ini menyebabkan sedikitnya 14 rumah dan 9 jembatan putus. Empat warga ditemukan tewan setelah terseret air bercampur Lumpur di desa-desa yang terendam banjir, di antaranya, Desa Gembleb, Bendorejo, Ngulan Wetan dan Wonocoyo di Kecamatan Pogalan, Desa Ngrayung dan Karangrejo di Kecamatan Gandusari.

Banjir juga merendam 385 rumah yang dihuni 3013 warga di berbagai desa. Kerugian karena rusaknya infrastruktur diperkirakan mencapai Rp 15 milyar.

Hingga kemarin, pendataan akibat banjir tahunan itu masih dilakukan. Sangat mungkin jumlah infrastruktur yang rusak bertambah. Hujan yang melanda Trenggalek dalam dua hari terakhir memang berlangsung lama dengan volume di atas rata-rata. Akibatnya, di sejumlah kawasan, genangan air mencapai 0,5 meter. Bahkan di beberapa titik mencapai satu meter. Karena itu, air pun sampai masuk ke rumah-rumah penduduk dan memutus sejumlah jembatan.Di Desa Srabah, tiga rumah roboh.

Begitu pula di Desa Gembleb, beberapa rumah terseret arus. Di Kecamatan Kampak dan Munjungan, masing-masing empat jembatan putus. Sementara itu, satu jembatan lainnya di Gembleb bernasib sama. (tin)

Teks foto :

1. Sebagian besar tampak kayu gelondong yang kemungkinan besar bagian dari pembalakan hutan ikut terbawa arus.

2. Posko Telkomsel Peduli di Desa Gembleb dimanfaatkan warga untuk mengetahui nasib keluarganya. Seperti ibu ini saat menelpon kakaknya yang di Kalimantan, karena mengira ibunya hanyut terbawa banjir.

Foto : SRI A YUSMENIWATI Telkomsel
Powered by Telkomsel BlackBerry ®

sumber : kelanakota.suarasurabaya.net



No Responses Yet to “Telkomsel Bantu Korban Banjir Trenggalek”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: