Telkomsel Malang bidik pelanggan komunitas

10May10

Senin, 10/05/2010 20:31:53 WIB

Oleh: Choirul Anam

MALANG (Bisnis.com): Telkomsel Malang membidik pelanggan komunitas untuk meningkatkan pendapatan, disamping pertambahan pelanggan.

Ramadifta, Branch Manager Telkomsel Malang, mengatakan saat ini pelanggan komunitas Telkomsel Malang mencapai 275.000 pelanggan dari total pelanggan sebanyak 3,5 juta. “Percepatan peningkatan bisa diharapkan lewat penggarapan pelanggan komunitas secara baik,” kata Ramadifta di Malang, hari ini.

Misalnya komunitas Arema, pendukung fanatik dari PS Arema. Ketika Telkomsel menggandeng Arema Voice meluncurkan nada sambung pribadi (NSP) lagu-lagu bertema Arema, respon Aremania cukup bagus. Per harinya mencapai 500 aktivasi. Perhatian yang lebih pada pelanggan komunitas, juga untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Tren bisnis telekomunikasi saat ini dan di masa mendatang bukan lagi pada pertambahan pelanggan, melainkan meningkatkan kualitas layanan sehingga pelanggan tetap loyal dan berdampak pada peningkatan pendapatan.

Perhatian terhadap pelanggan komunitas sebagai bentuk terima kasih atas kesetian mereka menjadi pelanggan Telkomsel. Perhatian itu diberikan dalam bentuk layanan pertunjukan musik, outbound, seminar-seminar motivasi, dan lainnya. “Seperti pada Senin (10 Mei), kami mendatangkan grup band Zigaz untuk main di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang bersamaan dengan even pemilihan Cak dan Ning. UIN perlu kami berikan prioritas karena pelanggan telkomsel mencapai 12.000, terbesar dari pelanggan komunitas Telkomsel.”

Pada 2010, pihaknya menargetkan dapat meningkatkan kontribusi Malang terhadap pendapatan yang diterima Telkomsel Jatim mencapai 40%. Pada 2009 posisinya baru mencapai 30%. Selain pelanggan komunitas, yang menjadi konsentrasi Telkomsel lainnya adalah meningkatkan penjualan layanan nilai tambah, seperti internet.

Saat ini, proporsi layanan nilai tambah bagi pendapatan Telkomsel Malang baru mencapai 10%. Di tengah tren jenuhnya pertambahan pelanggan, maka peningkatan pendapatan dengan peningkatan layanan nilai tambah mendapat perhatian lebih. Karena itulah, pada 2010 Telkomsel Malang akan meningkatkan jumlah menara telekomunikasi, BTS (Base Transceiver Station), menjadi 105 dari posisi saat ini yang sebanyak 96 BTS.

Dalam waktu dekat, enam menara BTS 3-G akan dibangun di jalan-jalan protokol. Dengan begitu, nantinya pada jalan-jalan protokol sudah terpasang menara BTS 3-G sehingga memudahkan pelanggan flash mengaktifkan dengan layanan yang cepat.

“Infrastrukturnya sudah siap. Yang menjadi masalah, justru pelanggannya. Karena pelanggan di Malang terutama dari kalangan mahasiswa, mereka masih suka menggunakan internet di warnet-warnet. Padahal, dengan menggunakan internet mobile, mereka lebih enak karena bisa melakukan aktifitas FB, twitter, maupun browsing di mana pun.

” Kota Malang masih pengguna internet layanan Telkomsel, bila dibandingkan Surabaya. Namun dibandingkan kota-kota lain di wilayah kerja Telkomsel Malang, tentu pelanggan flash masih terbanyak,(msb)



No Responses Yet to “Telkomsel Malang bidik pelanggan komunitas”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: