Telkom Siap Tawar 5.600 Menara Singtel di Telkomsel

12May10

Rabu, 12/05/2010 18:20 WIB
Achmad Rouzni Noor II – detikinet


Suasana Acara (rou/inet)

Jakarta – Telkom siap mengajukan proposal penawaran untuk membeli sekitar 5.600 menara yang menjadi milik Singtel di Telkomsel. BUMN telekomunikasi ini juga telah menunjuk Macquarie Securities sebagai advisor penyatuan tower Telkom Grup di bawah Dayamitra Telekomunikasi.

“Kajiannya sudah mau selesai. Setelah itu kami akan mengajukan penawaran ke pihak Singtel apakah mereka setuju melepasnya. Kalau iya, kita beli,” kata Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah di sela seminar ICT Korporasi Telkom, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Telkom berencana membentuk satu unit bisnis yang khusus mengelola bisnis menara melalui anak usahanya, Dayamitra. Namun rencana itu masih mengalami kendala karena Telkomsel, anak usaha selulernya, juga ikut dimiliki oleh Singtel. Singtel memiliki 35% saham.

Dengan demikian, dari sekitar 16 ribu menara yang ada di Telkomsel, 35% atau sekitar 5600 di antaranya merupakan bagian dari Singtel. Telkom pun coba membeli hak kepemilikan dari menara itu agar Dayamitra dalam tiga tahun ke depan punya daya jual tingga untuk go public lewat inital public offering (IPO).

Rinaldi belum mau menyebut harga yang akan ditawarkan untuk membeli 5600 menara itu dari Singtel. Alasannya masih dikaji. Namun ia memperkirakan, untuk menara yang baru, Telkom akan menawar dengan harga berkisar Rp 600-700 juta per tower.

“Sedangkan untuk menara yang lama bisa sampai Rp 1 miliar. Sebab untuk menara yang lama sudah banyak biaya operasional yang dikeluarkan,” tandas Dirut Telkom.

( wsh / wsh )
sumber : www.detikinet.com



No Responses Yet to “Telkom Siap Tawar 5.600 Menara Singtel di Telkomsel”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: