Telkomsel konsentrasi bisnis broadband mobile

18May10

Selasa, 18/05/2010 18:16:49 WIB

Oleh: Choirul Anam

MALANG (Bisnis.com): Telkomsel Malang berkonsentrasi pada pelayanan bisnis broadband mobile karena layanan telekomunikasi pada masa mendatang mengarah pada pelayanan data, meski tetap tidak mengabaikan layanan voice dan pesan pendek.

Ramadifta, Branch Manager PT Telkomsel Malang, mengatakan saat ini proporsi pelanggan broadband mobile baru mencapai 10%-20% dari total pelanggan yang mencapai 3,5 juta maupun pendapatan yang diterima bila dibandingkan pelanggan dan penerimaan layanan voice dan pesan pendek. “Kami harapkan pada 2010 bisa proporsinya bisa meningkat tiga kali lipat,” kata Ramadifta di sela-sela jumpa pers Malang Kembali 2010 di Malang, hari ini.

Potensi peningkatan pelanggan broadband mobile di Malang, lanjut dia, sangat besar. Pasalnya, kota ini dikenal sebagai kota pendidikan menyusul banyak berdirinya sekolah-sekolah prestisius maupun perguruan tinggi bergengsi. Dengan majunya dunia pendidikan, maka kebutuhan siswa atau mahasiswa untuk mengunduh data lewat internet menjadi tinggi. Layanan broadband suatu yang kelaziman.

Namun, kata dia, layanan broadband mobile Telkomsel masih harus bersaing dengan penyedia layanan broadband lainnya, seperti Speedy. Siswa atau mahasiswa yang membutuhkan data lewat internet lebih banyak bergantung pada layanan warung telekomunikasi karena dinilai tarifnya murah. Karena itulah tantangan ke depan, bagaimana mengusahakan agar layanan broadband mobile Telkomsel bisa terjangkau masyarakat luas, meski investasi untuk layanan tersebut cukup besar.

Karena itulah, pihaknya akan melakukan inovasi agar layanan broadband mobile terjangkau masyarakat luas. Misalnya, hanya dengan membayar Rp5.000 mendapatkan layanan internet berkecapatan 126 MB selama satu jam, sedangkan untuk berlangganan satu bulan Rp150.000. Potensi lainnya para pemain saham. Dengan tingkat transaksi perdagangan saham yang tinggi di Malang, yang mencapai Rp1,5 triliun per bulan, maka kebutuhan layanan data investor di pasar modal menjadi kebutuhan utama.

Infrastruktur untuk mendukung layanan tersebut, ucap dia, sudah memadai. Pada ruas jalan di sepanjang Surabaya-Malang-Blitar sudah berdiri menara 3G sehingga layanan internet menjadi lancar. Ada sekitar 90 menara 3G berdiri di wilayah Telkomsel Malang. Namun, dia mengakui, layanan broadband mobile Telkomsel masih baru sebatas layanan internet generasi 3G, belum menignkat pada HSDPA, HSPA+, dan Long Term Evolution (LTE) yang saat ini sedang dalam taraf uji coba.

Jika layanan sudah ke HSPA+, kecepatannya meningkat tiga kali lipat sedangkan jika ke LTE bisa tujuh kali lipatnya. “Pada waktunya, Malang akan memberikan juga layanan teknologi tersebut jika pelanggannya sudah mapan.”

Untuk saat ini, konsentrasi layanan broadband mobile Telkomsel Malang masih terkonsentrasi pada 3G. Jika pengguna layanan tersebut sudah meningkat secara signifikan, maka layanannya pun akan ditingkatkan pula, terutama penggunaan teknologinya.(msb)



No Responses Yet to “Telkomsel konsentrasi bisnis broadband mobile”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: