Video Hot Picu Unduh Data Seluler

09Jun10
[ Rabu, 09 Juni 2010 ]

SURABAYA – Sejak Jumat (4/6) dini hari, beberapa operator seluler di Indonesia mencatatkan kenaikan lalu lintas layanan data yang signifikan. Bahkan pada pagi hari kemarin (8/6), aktifitas download (unduh) data melonjak hingga 50 persen ketimbang hari-hari biasa. Dugaan kuat bahwa hal tersebut dipicu oleh banyaknya pelanggan seluler yang mengunduh file video hot artis yang mirip penyanyi Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari.

” Saya tidak berani berkomentar kenapa terjadi kenaikan lalu lintas data pada Jumat dan Senin (7/6),” kata Head of Corporate communications XL Febriati Nadira, saat dihubungi kemarin. Namun, dia tak menampik bahwa memang terjadi kenaikan traffics data pada beberapa hari terakhir. ”Mulai Jumat, kenaikan berkisar 20 persen dari hari biasanya. Dan Senin (7/6) kemarin pada jam tertentu bahkan naik hingga 50 persen,” bebernya. Ira, panggilan Febriati Nadira, mengungkapkan, traffics GPRS normal di XL sekitar 8 terabytes per harinya. Sejak lima hari lalu, traffics GPRS XL bisa mencapai 10 hingga 12 terabytes.

Kenaikan drastis yang trennya menyerupai kondisi menjelang Lebaran itu juga berdampak kepada pelanggan yang aktif menggunakan layanan data, seperti pengguna BlackBerry (BB). Akses data oleh pelanggan layanan BB sempat tersendat-sendat. Namun, gangguan itu segera teratasi, apalagi XL sudah melakukan penambahan jaringan sejak awal bulan. ”Kami sudah report ke Research in Motion (RIM) atas terjadinya lonjakan tersebut,” katanya.

Kenaikan signifikan pengguna data juga terjadi pada jaringan Telkomsel. Terutama di hari Sabtu (5/6) dan Minggu (6/6). Namun, karena international gateway mereka baru digunakan 50 persen, maka pengguna data Telkomsel tidak mengalami gangguan.”Kami sedikit kewalahan untuk BB, namun sejak kami melakukan up grade kapasitas pada Sabtu (6/6) menjadi 400 Mbps ke RIM, gangguan itu teratasi,” kata GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra kemarin.

Lonjakan download data juga juga terlacak di sistem operator 3. Chief Commercial Officer 3 Suresh Reddy mengatakan, ada kenaikan traffic BB pada Jumat (4/6) dan Sabtu (5/6), saat video hot itu banyak dipasang di berbagai situs di internet. Tapi, dua hari kemudian turun. ”Dan naik lagi pada Senin tanggal 8 Juni,” jelasnya.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi Dewa Brata juga mengakui layanan Internet baru-baru ini agak tersendat, tapi hal itu masih terhitung normal. Ia enggan menyebutkan penyebabnya. “Ya seperti yang anda tanyakan tadi lah (soal video hot),” katanya.

Dewa mengatakan, pihaknya rutin melakukan pemantauan layanan Blackberry dari operator, dan sejauh ini tidak ada gangguan yang berarti. “Operator tidak akan mengambil risiko sampai terjadi gangguan,” katanya. Salah satu parameter layanan yang dipantau adalah kecepatan mengunduh dokumen. Menurut Dewa, lonjakan traffic yang paling signifikan hanya terjadi saat Hari Raya Lebaran sehingga kapasitas perlu ditambah. (aan/c7/kim)
sumber : jawapos.com



No Responses Yet to “Video Hot Picu Unduh Data Seluler”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: