Telkomsel & Telkom diizinkan tarik PKLN

22Jun10
Oleh: Agust Supriadi
JAKARTA (Bisnis.com): Pemerintah mengizinkan dua perusahaan telekomunikasi plat merah, yaitu PT Telkomsel dan PT Telkom, untuk menarik pinjaman komersial luar negeri (PKLN) dengan nilai total diperkirakan mencapai US$130 juta pada semester ini.
Persetujuan tersebut dihasilkan dalam rapat koordinasi terbatas yang diikuti oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo, Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida S Alisjahbana, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

“Tadi itu cuma menyetujui PKLN untuk market. Jumlah pinjaman kami serahkan pada masing-masing korporasi. Telkom kan perusahaan publik. Mereka cuma mau tanya, kalau pinjam sekarang ini sudah memasuki level yang membahayakan bagi negara dan apakah mereka diizinkan. Pada prinsipnya kami mengizinkan,” jelas Agus Martowardojo, tadi malam.

Menurut Agus, kedua korporasi telekomunikasi milik negara tersebut mengingkan agar PKLN tersebut bisa ditarik sebelum memasuki paruh II/2010. Rencana keduanya diyakini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap pasar mengingat secara fundamental neraca keduanya masih sehat.

“Saat pinjam, pasar juga memperhatikan kondisi struktur rasio antara pinjaman dengan modal, seperti apa yang bisa diterima. Perusahaan kayak Telkom dan Telkomsel, baik sekali dan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, Hatta Rajasa memperkirakan jumlah kebutuhan pendanaan infrastruktur telekomunikasi dari kedua korporasi tersebut beragam, yakni sekitar US$50 juta untuk PT Telkom dan US$800 juta untuk PT Telkomsel. Namun, dia belum bisa memastikan berapa nominal pasti dari PKLN yang akan ditarik keduanya. “Coba dicek lagi angka itu,” ujar Hatta.(er)



No Responses Yet to “Telkomsel & Telkom diizinkan tarik PKLN”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: