Gelar Ujicoba LTE Perdana

23Jun10

Telkomsel terus merespon evolusi teknologi. Bahkan market leader operator selular ini ingin melekatkan status pionner. Kemarin (22/6), Telkomsel bersama mitra menggelar uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) pertama di Indonesia. Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, upaya ini merupakan bukti keseriusan pihaknya untuk selalu siap memandu industri telekomunikasi menghadapi perkembangan evolusi teknologi terkini.

”Kami melakukan kerjasama riset dengan perguruan tinggi ITB, UI, dan IT-Telkom serta uji coba LTE yang sangat penting untuk memasuki babak baru setelah operasional mobile broadband berbasis Dual Carrier HSPA+ yang lalu. Ini menunjukkan komitmen kami untuk terus memperbaharui teknologi mobile broadband yang saat ini telah menjangkau lebih dari 16 juta pelanggan dari total 86 juta pelanggan,” ungkapnya, dalam siaran persnya.
Kata Sarwoto, hasil dari uji coba LTE akan menjadi penerapan roadmap teknologi mobile broadband Telkomsel yang saat ini telah tergelar luas di berbagai wilayah indonesia berupa jaringan 3G dengan lebih dari 5.000 Node B atau BTS 3G. Sebagai tahap awal uji coba teknologi mobile broadband berbasis selular GSM ini, Telkomsel menggandeng tiga mitra penyedia jaringan telekomunikasi. Yakni Huawei sebagai mitra untuk uji coba teknologi LTE di Jakarta, Ericsson untuk uji coba Dual Carrier HSPA+ di Medan dan Nokia Siemens Networks (NSN) di Denpasar.
”Kedepan seluruh mitra kami ini (Huawei, Ericsson, NSN, dan ZTE) akan menggelar uji coba untuk LTE dan Dual Carrier HSPA+,” ujarnya. Menurut Sarwoto, saat ini perkembangan mobile broadband masih pada initial stage. Dimana teknologi yang dimanfaatkan masih berbasis 3G yang telah berevolusi ke HSDPA/HSUPA dan HSPA+. Teknologi tersebut terus berevolusi ke Dual Carrier HSPA+ (42Mbps), Multi Carrier (84Mbps), dan Multi Carrier yang didukung antena Multiple Input Multiple Output (MIMO) 2×2 (168 Mbps).
”Sementara di sisi lain teknologi baru seperti LTE juga mulai tersedia. Dimana baik LTE dan LTE Advance menawarkan kapasitas dan kualitas melebihi HSPA+. Dengan LTE, layanan data dapat diakses dengan kecepatan hingga 172 Mbps. Sementara LTE Advance menawarkan kecepatan hingga 300Mbps, 600Mbps, bahkan 1 Gbps dengan teknologi Multi Carrier dan MIMO 4×4,” bebernya. (mg14/rel)

sumber : sumeks.co.id



No Responses Yet to “Gelar Ujicoba LTE Perdana”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: